Irfanda Siagian

Home » » Sertifikasi Di Bidang TI untuk Kategori Database

Sertifikasi Di Bidang TI untuk Kategori Database

Written By irfanda siagian on Selasa, 21 April 2015 | 13.05


Database Management System (DBMS), atau disebut juga database yang saat ini paling banyak digunakan oleh enterprise (perusahaan besar) adalah Oracle. Indikator paling mudah adalah lowongan pekerjaan Database Administrator (DBA) Oracle adalah yang palong banyak diantara lowongan DBA yang ada, dengan banyakanya vacancy DBA Oracle itu tentu menambah peluang bagi pada pencari kerja. Berikut adalah hal-hal yang perlu dimiliki oleh para pencari kerja tersebut.
  • Pemahaman konsep database Oracle
  • Pengalaman sebagai DBA 
  • Training Database Oracle 
  • Sertifikat DBA Oracle
Mempunyai Sertifikat adalah sebuah keutamaan, apalagi bekerja sebagai DBA di perusahaan konsultan (vendor), sertifikat menunjukkan bahwa pemegangnya mempunyai pengetahuan yang mendalam terhadap database Oracle. dengan pengetahuan dan pengalaman yang sama, pemegang sertifikat mempunyai lebih banyak peluang untuk endapatkan pekerjaan dan gaji yang lebih tinggi.

Oracle mengeluarkan beberapa jenis sertifikat DBA, diantaranya adalah :
  • Oracle Certified Associate (OCA)
  • Oracle Certified Professional (OCP)
  • Oracle Certified Master (OCM)
saat ini, Oracle mengeluarkan sertifikat untuk database 9i, 10g dan 11g. Sertifikat untuk database versi 8i ke bawah sudah tidak berlaku lagi.

Ujian-Ujian yang terkait adalah :
  • 1Z0-042 (Oracle Database 10g;Administration I)
  • 1Z0-043 (Oracle Database 10g;Administration II)
  • 1Z0-040 (Oracle Database 10g;New Features for Administrators)
Syarat memperoleh OCA 10G adalah lulus ujian 1Z0-042. Adapun syarat memperoleh OCP 10G adalah :
  1. Sudah lulus ujian untuk OCA 10G (1Z0-042)
  2. Pernah mengambil training resmi Oracle
  3. Lulus ujian 1Z0-043
  4. dan bagi yang sudah memegang sertifikat OCP 9i bisa melakukan upgrade ke OCP 10g dengan ujian 1Z0-040



MCDBA singkatan dari Microsoft Certified Database Administrator adalah Sertifikasi yang ditujukan untuk professional IT yang hendak dan sedang bekerja dalam implementasi dan administrasi SQL Server. MCDBA di khususkan diantaranya untuk : 
  • Database Administrator, orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. DBA sering disebut juga database koordinator database programmer, dan terkait erat dengan database analyst, database modeler, programmer analyst, dan systems manager. Peran DBA mencakup pengembangan dan desain strategi database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan kebutuhan pengembangan di masa depan. DBA mungkin juga merencanakan, mengkoordinasi dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database. Suatu perusahaan mungkin mengharuskan seorang DBA memiliki sertifikasi atau gelar untuk  sistem database (misalnya, Microsoft Certified Database Administrator)
  • Database Analyst, orang data analyst melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengumpulan, pengorganisasian, dan menafsirkan informasi statistik. Sifat pekerjaannya berbeda-beda dari profesi ke profesi, seperti seorang analis yang bekerja untuk sebuah rumah sakit akan fokus pada hal-hal yang berbeda dari seseorang yang bekerja untuk sebuah toko serba ada atau supermarket. Apa pun bidang bisnisnya, orang-orang dengan pekerjaan ini mencari cara untuk menempatkan nilai-nilai numerik untuk fungsi bisnis yang berbeda, dan bertanggung jawab untuk menemukan efisiensi, bagian bermasalah, dan kemungkinan untuk perbaikan.
Materinya berhubungan dengan implementasi database berbasis Microsoft SQL Server berikut administrasinya yang biasa dilakukan oleh seorang database administrator. Versi terakhir dari title ini mengacu pada SQL Server 2000. Untuk mendapatkan title ini kita diharuskan untuk melewati 4 kali ujian. Sebagai contoh, untuk mendapatkan title MCDBA kita diharuskan untuk melewati 3 kali ujian utama (core exam) dan 1 kali ujian dengan materi pilihan (elective exam). Sehingga totalnya adalah 4 kali ujian.

sumber :
http://www.letsdoit.co.id/tugas-dan-tanggung-jawab-seorang-data-analyst
https://ekosuwono.wordpress.com/2010/01/07/database-administrator/
http://arizkahasmul.blogspot.com/2014/04/sertifikasi-professional-it-mcdba.html
http://www.sertifikasi-microsoft.com/p/pelatihan-oracle.html
Share this article :

1 komentar:

Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University

Translate

tweets

Followers

 
Gunadarma University
Irfanda Siagian
Copyright © 2013. Do You Know ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modificated by Irfanda Siagian
Proudly powered by Blogger